Monday, December 17, 2018

Jumat Lokal Bareng Diinisiasi Tokopedia

Produk Lokal

Portal ternama Indonesia jual beli online Tokopedia menginisiasi sebuah gerakan baru yang diberi nama "Jumat Lokal Bareng".

Deklarasi tentang gerakan baru ini diumumkan langsung oleh William Tanuwijaya, Chief Executive Officer (CEO) Tokopedia pada acara MakerFest 2018 di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (16/12, Antara) malam.

William Tanuwijaya mengatakan gerakan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mengenakan produk lokal pada setiap hari Jumat.

"Kalau setiap hari Jumat biasanya ada Gerakan Jumat Batik. Mulai Minggu depan, Tokopedia akan mulai mengajak anak-anak kantor melakukan gerakan yang kita sebut Jumat Lokal Bareng," kata William.

William pendiri usaha rintisan e-commerce dan telah menjadi salah satu Unicorn Indonesia akan memulai gerakan ini dari kantornya sendiri. Dia berharap gerakan Jumat Lokal Bareng bisa dicontoh di kantor lain di berbagai daerah di Indonesia.

"Kalau bisa seluruh kantor di seluruh Indonesia bisa mengikuti gerakan ini sehingga kita bisa benar-benar lokal banget, keren banget," ujar William.

"Jumat Lokal Bareng" merupakan bagian dari sebuah gerakan bernama "Bangga Kreasi Lokal", yang dideklarasikan oleh William bersama sejumlah kementerian terkait, di sela penyelenggaraan MakerFest 2018, yang merupakan ajang pencarian kreator lokal berkualitas yang diinisiasi oleh Tokopedia.

Sejumlah pejabat negara yang turut hadir dan mendeklarasikan gerakan tersebut antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, serta Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih. Selain itu Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi juga turut hadir.

Menteri Enggar dalam sambutannya mengapresiasi langkah Tokopedia yang pada triwulan 2018 mendapatkan pengunjung portalnya sebanyak 153,64 juta, mulai menggalakkan semangat menggunakan produk karya anak-anak bangsa. Bukan hanya batik, termasuk sneakers, tas dan lain-lain.

Enggar meminta masyarakat untuk mendukung gerakan tersebut agar produk lokal bisa semakin dikenal dan eksis di Tanah Air.

"Pakai produk lokal itu keren, kalau bukan kita siapa lagi yang mau pakai, dan Tokopedia sudah memulai setiap Jumat pakai produk lokal," ucap Enggar menambahkan.

"Dan pemerintah yang hadir di sini, maupun yang tidak hadir pasti mendukung gerakan ini, karena ini perintah Presiden, pakai produk lokal bangga dan keren," lanjutnya.

Menurut Bram, admin pengelola blog KlikFix gerakan Jumat Lokal Bareng akan menjadi trend pada hari-hari ke depan, karena membanggakan dan dikumandangkan orang yang tepat, milenial yang sukses menjadi Unicorn Indonesia. Inisiasi yang dilakukan oleh Tokopedia tersebut layak diapresiasi.

Program Pembinaan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara resmi membuka pendaftaran program pembinaan "Gerakan Nasional...