Wednesday, December 5, 2018

Kiat Belanja Aman di Harbolnas


Festival belanja daring (online) yang bertajuk Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 siap digelar selama du hari, tanggal 11 - 12 Desember 2018. Banyak penawaran murah dan diskon tinggi akan diberikan oleh lebih dari 300 e-Commerce yang ikut serta.

Namun sebagai calon pembeli perlu berhati-hati ketika akan melakukan transaksi daring (online) di Harbolnas 2018. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar berbelanja aman selama Harbolnas mendatang.

"Lihat rating sellernya. Kemudian ketika lihat produk banyak nggak komentarnya dan apakah komentarnya positif. Kalau komentarnya baik berarti orang banyak belanja dan aman," ucap Indra Yonathan, Ketua Harbolnas 2018 dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, 5/12 (Antara)

Calon pembeli juga perlu waspada agar tidak menjadi korban diskon dan potongan harga yang tidak sesuai. Jika menemukan hal tersebut, calon pembeli bisa melaporkannya melalui layanan Harbolnas Experience Center di situs resmi Harbolnas 2018, www.harbolnas.com.

"Untuk diskon yang tidak sesuai, kita di Harbolnas ini melakukan sesuatu yang namanya Harbolnas Experience Center di websitenya. Kita mengajarkan orang untuk belanja aman dan nyaman," lanjut Indra.

Calon pembeli bisa melaporkan jika menemukan diskon yang tidak sesuai untuk kemudian nantinya akan ditindaklanjuti oleh e-Commerce yang bersangkutan.

"Kita sudah bekerjasama dengan pihak e-Commerce, ketika ada informasi diskon yang tidak sesuai maka akan di take down oleh e-Commerce itu," tutupnya.

Harbolnas Diikuti 300 eCommerce



Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 yang digelar pada tanggal 11 - 12 Desember mendatang akan diikuti oleh lebih dari 300 e-Commerce. Pada Harbolnas kali ini menargetkan untuk mengangkat produk lokal agar lebih dikenal luas oleh masyarakat yang sudah semakin terbiasa belanja daring.

"Kita punya visi mengangkat produk lokal dan diberikan eskposur lebih. Sehingga yang diangkat bukan produk yang dari luar negeri, tapi juga dari Indonesia yang mungkin orang belum pernah dengar sebelumnya," ucap Indra Yonathan, Ketua Harbolnas 2018 dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Untuk mencapai tujuan tersebut juga diadakan promo khusus produk lokal pada tanggal 11 Desember mendatang dengan penawaran diskon yang menarik oleh beberapa e-Commerce. Termasuk publikasi yang dilakukan agar perhelatan ini diketahui mengguna internet Indonesia yang jumlahnya sangat besar itu. Mereka ada dari Aceh hingga Papua. Dipromosikan oleh admin pengelola KlikFix untuk memperkenalkan layanan service laptop di Mall Ambassador, kawasan ITC Kuningan di Jakarta Selatan.

"Semua peserta Harbolnas akan memberikan promo khusus. Tanggal 11 promo khusus untuk produk lokal dan cashback yang diberikan oleh beberapa e-Commerce luar biasa banget," ujar Indra.

Harbolnas 2018 yang mengangkat tema "Belanja Untuk Bangsa" juga pertama kalinya didukung oleh tiga kementerian, yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA).

Penyelenggara Harbolnas 2018 menargetkan total transaksi senilai Rp7 triliun, lebih banyak dari tahun 2017 yang mencapai Rp4.6 triliun. Indra pun berharap penyelenggaraan Harbolnas 2018 ini dimanfaatkan oleh produsen produk lokal untuk merasakan pengaruh positif terhadap bisnis mereka.

Selain itu, diharapkan juga masyarakat semakin tergerak untuk ikut mendukung pembelian dan penggunaan produk dalam negeri.

"Target utama yang ingin kita capai adalah kesadaran dari masyarakat untuk berbelanja produk lokal," tutupnya. (Yogi Rachman)

Program Pembinaan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara resmi membuka pendaftaran program pembinaan "Gerakan Nasional...