Thursday, December 6, 2018

Penjualan Laptop Premium Lenovo Tumbuh 20 Persen

Lenovo
Lenovo

Helmy Sutanto, Consumer Lead Lenovo Indonesia mengatakan kepada media, bahwa penjualan laptop premium Lenovo mengalami pertumbuhan sekitar 20 persen tahun 2018.

"Secara keseluruhan, tahun ini kita tumbuh sekitar 20 persen untuk premium market kita, termasuk Yoga dan Legion," ujar Helmy usai temu media sneakpeak laptop Yoga terbaru di Jakarta, Kamis, 6/12 (Antara)

Lenovo Yoga merupakan subbrand untuk laptop yang mengunggulkan multimoda dengan bobot ringat dan tipis diklasifikasikan sebagai Ultrabook, sementara Lenovo Legion merupakan subbrand untuk laptop gaming dengan fitur gahar dilengkapi dengan GPU beresolusi tinggi.

Khusus Lenovo Legion, di Indonesia, pertumbuhan pendapatan Legion mencapai lima kali lipat. Pangsa pasar Legion pada kuartal pertama tahun fiskal 2018 (April-Juni 2018) telah mencapai 16,2 persen, diserap pengguna komputer di berbagai kota dan di dukung dengan adanya service center resmi Lenovo untuk layanan purna jual bagi pemakainya.

"Pasar Indonesia makin kemari secara teknologi semakin bagus, dulu orang melihat gaming benar-benar untuk gim, tapi sekarang mereka melihat gaming dapat menjadi mata pencarian, tumbuh cukup bagus dan cukup tinggi angkanya," kata Helmy.

Pada awal November, dalam situs resminya, Lenovo Group mengumumkan hasil kuartal fiskal kedua yang berakhir pada 30 September 2018.

Untuk tiga kuartal berturut-turut, penjualan laptop Lenovo mencapai pertumbuhan double digit. Pendapatan grup mencapai 13,4 miliar dolar AS, naik 14 persen year-over-year.

Sementara itu, data IDC Q3 2018 secara global yang dirilis dalam situsnya pada awal Oktober, menunjukkan bahwa Lenovo menduduki peringkat pertama untuk pangsa pasar PC (Personal Computer) tradisional yakni desktop, notebook serta workstation.

Lenovo besutan China yng dibeli dari IBM, memiliki pangsa pasar dua puluh empat persen dengan pengiriman sekitar 16 juta unit. Lenovo berhasil mengalahkan HP (Hewlett-Packard) dan Dell yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga dengan pangsa pasar 22,8 persen dan 17 persen.

Menutup lima besar IDC Q3 2018 untuk pasar PC tradisional (desktop, notebook dan workstation), terdapat Acer dan Apple dengan produk MacBook, MacBook Pro dan MacBook Air secara berurutan dengan pangsa pasar 7,2 persen dan 7.1 persen.

Program Pembinaan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara resmi membuka pendaftaran program pembinaan "Gerakan Nasional...